YKI dan KKP Gelar Kegiatan Tingkatkan Kesadaran terhadap Kanker

Minggu, 07 Mei 2017 - 22:30 WIB
YKI dan KKP Gelar Kegiatan Tingkatkan Kesadaran terhadap Kanker
YKI dan KKP Gelar Kegiatan Tingkatkan Kesadaran terhadap Kanker
A A A
JAKARTA - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) bersama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP) menyelenggarakan kegiatan kesehatan bertajuk Mewujudkan Hidup Sehat Masyarakat Nelayan. Kegiatan ini digelar untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran masyarakat pesisir pantai mengenai penyakit kanker dan pentingnya menjaga pola hidup sehat.

Saat ini, penyakit kanker merupakan permasalahan yang cukup besar di Indonesia. Kematian akibat kanker menduduki peringkat nomor 7 di Indonesia dengan prosentase 5,7% dari seluruh penyebab kematian dan merupakan penyebab kematian ke-3 dengan kejadian 7,7% dari penyebab kematian karena penyakit tidak menular, setelah stroke dan penyakit jantung.

Berdasarkan fakta yang memprihatinkan tersebut, maka kegiatan kolaborasi YKI dengan KKP ini wajib untuk segera dilaksanakan. Kegiatan ini diselenggarakan pada Minggu, 7 Mei 2017 dimulai pukul 06.30 WIB di kawasan Pelabuhan Kali Adem Dishub DKI Jakarta di Muara Angke, Jakarta.

“Sebagian besar kanker berhubungan dengan perilaku dan lingkungan, maka YKI menyambut baik kerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk meningkatkan pola hidup sehat dan meningkatkan pengetahuan akan bahaya penyakit kanker, dan melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker kepada para nelayan,” papar Ketua Umum YKI, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD, KHOM, FACP saat ditemui di YKI, Jakarta (5/5/2017).

Kegiatan Mewujudkan Hidup Sehat Masyarakat Nelayan yang dihadiri oleh Menteri KKP dan Menteri Kesehatan RI ini melibatkan 1.500 peserta dari keluarga nelayan. Adapun bentuk kegiatannya meliputi senam pagi, pemeriksaan deteksi dini di tempat untuk kanker serviks bagi wanita, kanker paru bagi pria, serta kanker nasofaring dan retinoblastoma bagi anak-anak. Acara juga akan dimeriahkan dengan hiburan dan lomba mendekor kapal nelayan.

“Melalui kerjasama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Yayasan Kanker Indonesia, diharapkan dapat mewujudkan hidup sehat masyarakat nelayan, sehingga meningkatkan kapasitas nelayan dalam menjalankan mata pencahariannya,” papar Sekretaris Jenderal KKP RI Rifky Effendi Hardijanto.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5882 seconds (0.1#10.140)